Saturday 30 May 2009

Politik dan Remaja


Penting nggak sih, kita sebagai remaja memandang politik sebagai hal yang harus kita dalami dan kita pahami? Kebanyakan pasti sebagian besar teman kita menganggap politik adalah urusan bokap-bokap kita, urusan bapak-bapak dan om-om yang ribet dan kita pikir, ‘nggak usah deh, dipikir, ribet amat!’

Iya nggak sih?

Mungkin dari teman-teman yang berpikiran seperti itu belum memahami betul pentingnya hal-hal yang menyangkut urusan orang banyak dan menganggap kita cuma harus belajar untuk memenuhi kewajiban sebagai pelajar. Iya sih, tapi pernah nggak teman-teman pikir, politik itu, mau nggak mau berpengaruh juga lo ke kehidupan teman-teman. Contohnya dengan berbagai keputusan naiknya harga minyak atau hal-hal menyangkut subsidi dan berbagai macam masalah pelik tersebut, mengakibatkan orangtua kita harus selalu irit dan uang jajan kita dikurangin. Haayoo, pengaruh juga kan?

Sebenarnya nggak cuma itu. Kita kan sudah dikasih Pendidikan Kewarganegaraan yang disingkat Pkn itu dalam mata pelajaran kita sejak SD. Dalam buku tersebut, kita harus tumbuh menjadi warga negara yang peduli, kritis, demokratis serta mau bergerak dan berusaha. Soalnya, suara rakyat sekecil apapun pasti akan berpengaruh untuk kemakmuran negeri ini. Maka itu, kita sebagai remaja harus melek politik dan punya pendapat kita sendiri, tak hanya mau di atur dan diurus, tapi kita harus mandiri. Maka teman-teman, ayo lebih peduli dan menjadi remaja yang melek politik!

No comments:

Post a Comment