Sunday 19 July 2009

Coober Pedy, Kota Bawah Tanah Penuh Pesona





Bagi kamu yang ingin merasakan bagaimana hidup di dunia Flinstone, pas banget kalau kamu mengunjungi Australia Selatan, tepatnya di Adelaide. Lho, bukannya yang ada hanya gurun yang panas? Ups, jangan salah, kotanya tak ada di permukaan tanah, melainkan ada di bawahnya.

Nama kota ini adalah Coober Pedy. Kota yang didirikan sejak tahun 1915 ini memang sangat unik. Sekitar setengah dari penduduk kotanya menjalankan aktivitas mereka sehari-hari dibawah tanah. Wajar saja kalau mereka tinggal di bawah tanah, karena suhu udara dipermukaan kota Coober Pedy memang sangat panas yaitu sekitar 37 derajat C bahkan mencapai 50 derajat C! Menurut mereka, tinggal dibawah tanah lebih nyaman dan suhunya cenderung konstan, yaitu 25 derajat C. Tapi jangan membayangkan ruangan primitif seperti Flinston yang serba sederhana, karena segala macam fasilitas tersedia dikota ini. Ada bar, perpustakaan, gereja bahkan motel dan hotel berbintang untuk kamu yang ingin berkunjung. Selain itu, banyak museum dan tempat rekreasi yang disediakan untuk menarik para wisatawan.

Sebenarnya, bukan hanya keunikan kota ini saja yang membuat mereka terkenal. Kota yang pernah menjadi tujuan The Amazing Race season 2 ini mempunyai sumber daya alam yang berharga, yaitu batu opal. Bayangkan saja, dari keseluruhan batu opal yang ada di dunia, 70% dihasilkan oleh kota ini. Australian opal didapat dari bawah tanah. Terbentuk dari endapan tulang,kayu,lokan, lalu menjadi kristal. Warnanya akan bermacam-macam. Ada yang berwarna kuning campur merah dan sedikit biru. Ada warna ungu campur biru, kuning dan merah jambu dengan berbagai variasi motif. Opal ini akan diikat dengan emas perak atau platina untuk dijadikan perhiasan seperti,cincin, leontin, gelang, bross dan sebagainya.

Coober Pedy diambil dari bahasa Aborigin, yaitu kata kupa dan piti. Kupa berarti orang kulit putih dan piti artinya lubang. Mungkin nama ini diambil karena berawal dari tentara-tentara kulit putih yang menambang di area ini dan tinggal didalam tanah. Dari situlah awal mula masyarakat mengenal kebiasaan unik tersebut. Rumah bawah tanah awalnya hanyalah tempat perlindungan yang terdiri dari satu ruangan. Karena kebutuhan, tentu ruangan lain seperti ruang keluarga,kamar, dapur dan kamar mandi menjadi wajib peranannya. Membangun sebuah rumah disana cukup unik, yaitu cukup dengan mesin pengeruk tanah. Kalau beruntung, penduduk Coober Pedy bisa kaya mendadak karena menemukan sebongkah opal saat membangun rumah.

Must See in Coober Pedy :

1. Old Timers Mine
Adalah salah satu museum di Coober Pedy. Di museum ini, kita bisa melihat sejarah Coober Pedy. Untuk masuk kedalamnya, disarankan kita memakai pelindung kepala kalau-kalau terantuk langit-langit. Suasana kuat yang kita rasakan disini adalah kita seolah-olah melihat semua tokoh bersejarah sedang bekerja di depan mata kita, karena tokoh-tokoh itu dihadirkan dalam bentuk patung yang sangat mirip lengkap dengan semua peralatannya. Kita juga bisa menikmati fasilitas Historical Opal Mine Tour yang menyenangkan. Selain museum, fasilitas yang ada di Old Timers Mine yaitu Information Galleries, Underground Display Home dan Opal Jewellery and Souvenirs.

2. Umoona Opal Mine
Fasilitas yang disediakan Umoona tidak jauh berbeda dengan Old Timers Mine. Tapi Umoona menambahkan beberapa fitur menarik yang membuat para pelancong memilih tempat ini sebagai tujuan mereka. Umoona


3. Faye's Underground Home
Sebenarnya ini adalah salah satu rumah penduduk Coober Pedy yang bernama Faye Nayler. Rumah Faye adalah satu-satunya rumah penduduk yang dibuka untuk umum. Rumah ini ia dirikan bersama kedua orang temannya 60 tahun yang lalu. Meskipun begitu, rumah ini terlihat begitu mewah dengan segala fasilitasnya yang 'wah'. Bayangkan saja, di dalam rumah tersebut ia buat bar, ruang santai yang indah, ruang wine, hmm..cukup mewah kan? Tapi itu tak cukup. Ruang billiard dan kolam renang? Bahkan ada juga lho!! Wah,wah.. seperti apa ya rumah bawah tanah itu? Rumah Faye adalah salah satu tempat yang tidak boleh dilewatkan bila kamu berkunjung ke Coober Pedy.

Yaps, sebenarnya masih banyak lagi tempat-tempat menarik di Coober Pedy yang bisa kamu cicip keunikannya. Tapi, biar penasaran, temukan sendiri keunikan-keunikan itu jika kamu berkunjung ke sana ya...
Have a nice holiday all!

No comments:

Post a Comment