Sunday 19 July 2009

Kelas Baru...

Hyaaii~~
tahun ajaran baru!! hemm.. temen-temen pada semangat gak sih menghadapinya? duh, takut gak sekelas sama sahabat nih, duh mulai belajar lagi deh, duh, udah kelas 3, gak bisa maen lagi deh.. pasti banyak temen-temen yang berkomentar seperti itu. Sama seperti saya pun, ketika liburan udah menjelang detik-detik terakhir, entah kenapa perasaan jadi campur aduk gak karuan. Masalahnya, kita udah terbuai sama 2 minggu full liburan ditambah dengan 'meliburkan diri' setelah ujian yang tenggang waktunya hampir satu bulan dengan pengambilan rapot. Selain keenakan liburan, saya yang tahun ini menginjak kelas 3 pun agak takut menghadapi hari senin besok. Tapi, setelah ditelaah, sebenarnya apa sih yang gw takutin? Mungkin pertamaaa banget, takut gak sekelas sama temen deket. Dan yah, syukur hal itu gw lewati dengan baik karena ternyata gw sekelas dengan sahabat yang udah 2 tahun sekelas. But,she's not only my friend, right? jadi setelah menemukan chairmate, gw agak was-was dengan masalah 'siapa lagi yang sekelas sama gw? apa mereka "it girl"? atau mereka anak-anak rohis? atau mayoritas anak-anak penghuni olimpiade sains?' Mungkin banyak teman-teman saat membaca ini berkomentar, 'please deh, ini cuma masalah temen sekelas!' Tapi, percayalah kawan, masalah ini ternyata sangat penting dan ruwet serta mengakibatkan seseorang yang merasa sendirian dikelasnya menjadi stress dan sedih. Hal ini terbukti dengan banyaknya teman-teman saya yang 'pesen kelas' setelah pembagian raport, banyak yang meminta kepindahan kelasnya, banyak pula yang ingin bertukar dengan orang lain dengan alasan 'gak mau! disana gw sendirian' atau dengan contoh yang lebih konkrit : pengalaman gw.

Gw pun mengerti kok perasaan teman-teman yang seperti itu. Sebenarnya hal ini gw awali dengan keterlambatan gw pada hari pertama sehingga gw gak bisa mengambil tempat duduk yang pewe dimana gw bisa ngobrol sana dan sini. Dan, jreng jreng, gw duduk di pojok paling depan dimana orang belakang gw anak cowo semua serta depan dan samping kiri gw kosong. HHUUh~~ sumpah sebenernya gw sebel banget. Tapi apa daya salah sendiri gw telat. Hari pertama gw lalui dengan lancar karena chairmate gw setia menemani gw. Gw mulai ngobrol dengan orang belakang *yang untungnya gw kenal baik*, gw mulai ngobrol dengan anak anak cewek barisan samping gw, serta mulai memilih teman sekelompok untuk pelajaran bahasa Indonesia. Untuk permulaan, gw pikir gw bisa melaluinya dengan baik. Tapi, hal buruk itu gw mulai esoknya.

Jadi, hari itu gw telat *ehm, sorry, ini kebiasaan* dan tiada tempat lagi yang bisa gw duduki dengan pewe. Bahkan tempat gw kemarin sudah diambil oleh temen gw yang lain. Chairmate gw pun sempet selingkuh dengan orang lain sebelum gw dateng. Alhasil, gw duduk barisan paling pojok dan paling belakang. Gw sih fine fine aja karena chairmate gw masih setia menemani. Saat itu gw ada pelajaran entertainment *tahukah kawan, ini pelajaran paling gak jelas seumur umur gw sekolah* dan gw masih bergila-gila ria dengan Nisa, sang Chairmate dengan menertawakan tingkah temen yang disuruh akting dengan awkward nya. Setelah disuruh akting ngomel-ngomel dan ketawa ketiwi selama 1 jam pelajaran, sang chairmate gw dipanggil oleh OSIS/MPK untuk mendampingi anak-anak baru MOS. And, you know what happened to me, now i'm all ALONE! Dia sih girang-girang aja bisa kabur pelajaran. But, what about me? Gw yang punya badan kecil mungil *bilang aja pendek bontot* dan mempunyai masalah mata yang lumayan parah ini harus duduk di pojok belakang sendirian?! Bahkan temen-temen gw notice aja nggak kali ya? Sebenernya hal itu penderitaan buat gw karena setelah gw sendirian, pelajaran akting pun masih lanjut dan gw masih disuruh akting macem-macem dan mesti disuruh ketawa-tawa. Kayak orang gila kali ya gw ketawa-tawa sendirian waktu itu. Huufh....

Pengalaman itu pun berulang besoknya. kali ini bukan masalah gw telat kok. Tapi, seharian chairmate gw gak dikelas dan gw sebenarnya sempet duduk sama temen gw yang lain. Tapi, gw jadi gak enak sama temen gw yang awalnya duduk sama temen gw yang ini *ngerti kan maksud gw? * soalnya dia jadi duduk sendirian. Yaudah, jam pelajaran ke 3 gw pindah dan merasakan kembali hawa kesendirian itu. Gw duduk di depan pojok dan temen belakang gw ga ada sama sekali. Kan mereka cowo semua, jadi pada kumpul di belakang buat maen kartu. WOW! what a perfect position! jadi sekarang depan gw kosong, kiri gw kosong dan belakang gw juga KOSONG. Untung Lili, temen kanan gw masih setia menemani. Tapi, susah buat ngobrol sama dia karena kita terhalang jarak dan waktu *halah!* Jadi, selama pelajaran TIK gw menyibukan diri dengan menggambar. Parahnya, sang guru bertanya kepada gw dan mendapati gw sedang di dunia imajiner gw yang jauh disana dan di depan gw ada banyak gambar yang terhampar. Gw gak bisa jawab dong. Trus katanya, 'eh, kamu ngumpul sana sama temen kamu ngerjain soal' Setelah gw liat kebelakang, satu baris temen gw udah pada ngumpul dan cuma gw sendiri yang nggak. Please temaan~ gw orang yang suka ngobrol dan menyibukkan diri kook~ makanya kasih gw kerjaan dan ajak-ajak gw! Yaudah gw kumpul aja ama anak-anak cewe. Tapi kan setelah itu gw sendirian lagi...

Nggak selama itu juga sih gw sendirian soalnya *akhirnya* tempat pojokan itu berguna untuk menghindari hawa kutub di kelas gw yang sumpah dingin banget. Jadi temen gw yang lain pindah kesebelah dan belakang gw. Kita ngobrol-ngobrol juga kok akhirnya dan mulai ngobrol tentang keadaan pergaulan dikelas kita dan membandingkannya dengan kelas-kelas lain.
Karena gw udah nggak betah dikelas, akhirnya gw berkunjung ke kelas sebelah dimana *ni gw heraaan banget* sahabat-sahabat gw disana semua. Hhuuaa...serasa bebas dan gw bisa jadi diri gw sendiri lagi. Hal ini sangat menggoda dan menurut gw usulan temen-temen supaya gw pindah kelas merupakan ide brilian. Anehnya, sahabat-sahabat gw kebanyakan nggak pernah sekalipun sekelas sama gw. Tapi kenapa kita begitu deket ya? Seperti yang gw bilang tadi, gw tuh orang yang suka banget ngobrol, berlama-lama disekolah buat main, ngabisin waktu les gw buat bercanda sama tutor dan anak-anak SD, serta berjalan-jalan ngebolang keliling jakarta. TAAPPII, kenapa gw punya penyakit 'sulit beradaptasi dikelas baru' ya? Apa gw yang salah karena gak ngumpul dan ngobrol bareng? Tapi entar gw dituduh jebe jebe lagi. Apa gw yang kurang unik sehingga temen-temen gw gak ada interest buat ngedeketin gw? hem..kalo di unik- unikin dikirain gw caper lagi.. Tapi gw rasa gw unik kook~ *maksa gitu*. Habis gw bisa gambar, gw bisa jahit, desain baju, bikin gantungan kunci, bikin boneka-boneka lucu,hobi nonton *apalagi drama korea jepang*, suka boyband, hobi gosip, dll. *kok jadi curhat??*


Yah, pokoknya dan intinya teman, menghadapi kelas yang seperti itu, pesen gw: tunjukkanlah jati diri lo sebenarnya. Tunjukin kalo dirumah lo suka joget-joget, tunjukin kalo lo suka nyanyi-nyanyi sambil sabunan, tunjukkin kalo lo tukang ngupil tanpa takut mikirin apa yang orang lain pikirin tentang lo. Hal itu menjadikan lo terlihat stunning dan extrovert serta terlihat tidak biasa. Hal itu menjadikan lo bahan omongan dan lo ada kerjaan buat membalas omongan-omongan tersebut. Karena bahan omongan dikelas itu LO, berarti lo punya kesempatan buat mengeluarkan sisi lain diri lo karena temen-temen lo yang lain menganggap lo menarik. Hha, itu cara yang ekstrem buat orang orang berani sih. Tapi kalo lo orang yang manis baik hati lemah lembut serta rajin menabung, maka inisiatif lah menjadi pengurus kelas sehingga seluruh penghuni kelas menggantungkan nasib padamu. Cara ini tergolong ampuh loh. Pengalaman gw selama 2 tahun soalnya. Waktu itu gw jadi bendahara kelas dan gak lama setelah gw masuk, bahkan gw udah ngobrol dengan seluruh penghuni kelas meski perkaranya cuma nagihin duit kas. Hemm..cara lain? Jadilah anak pinter yang selalu menjawab setiap pertanyaan guru atau catatan lo harus penuh, supaya temen lo bisa sedikit tergantung sama lo. Tapi, wasiat gw yang paling penting adalah : JANGAN TELAT pada hari pertama dan carilah tempat duduk dimana lo jadi pusat komunikasi. Soalnya kawan, hal inilah yang bikin gw susah beradaptasi. Percaya deh sama gw.

No comments:

Post a Comment