Sunday 19 July 2009

Revolusi Majalah Kawula

Hey, ternyata majalah kesayangan 28 ini juga udah banyak berubah lho! Mulai dari majalah Kawula no 1 yang terbit tahun 2002-2003 sampai no 9 edisi Holiday kemarin. Fufufufu.. Ternyata lihat perubahan yang begitu signifikan membuat kita jadi geli sendiri. Jadi tahu deh, "oh, begini ya Kawula jaman dulu...?"
Mau tahu bagaimana majalah ini berkembang? Apaan aja sih yang berubah?

Jadi, dulu Kawula itu...
Besar! Kita sampai takjub ngelihat Kawula segede ini (lebay)! Soalnya dari edisi 6 yang kita lihat sampai edisi semester lalu, ukuran Kawula sudah menyusut, mengerdil, mengecil, dan imut-imut. Covernya memakai kertas yang agak tebal, dengan tampilan dua sisi yang berbeda. Headline-nya disusun agak acak di cover tersebut. Tulisan Kawula yang gede juga terpampang dengan manis. Jadi, begitu lihat majalahnya, pasti tulisan Kawulanya duluan yang kamu baca.
Oke, cukup mengenai cover. Beranjak masuk ke dalamnya, ternyata saudara-saudara, waktu itu Kawula masih berupa majalah hitam putih! Biar begitu, tetap kok artikel yang disajikan menarik dan 28 banget. Majalah ini dibuka dengan berbagai sambutan dari redaksi, pembina dan kepala sekolah. Yang berarti, kehadiran Kawula saat itu sangat diharapkan. Guru juga ikut andil dalam salah satu artikel yang dimuat. Dari susunan artikelnya masih banyak kita lihat agak berantakan dan masih memakai kolom-kolom. Artikel tentang acara 28 juga nggak selengkap Kawula terbaru. Liputan acara 28 masih berupa satu rubrik dengan 2 halaman terbatas. Sedangkan artikel lainnya masih standar dan umum. Tetap nggak ketinggalan,Kawula dihiasi komik yang kocak dan DUDU yang khas 28!
Mulai beranjak ke kawula 03 yang terbit tahun 2003-2004, Kawula udah berkembang pesat! Dengan ditetapkan logo dan tulisan Kawula yang mempunyai arti khusus, lengkap deh ciri khas Kawula. Biarpun masih hitam putih, tapi tampilannya lebih bagus dengan susunan yang tertata rapi dan gambar yang nggak pecah. Di edisi ini, liputan-liputan acara 28 yang banyak banget itu semakin lengkap dan detail. Kita jadi bisa tahu acara-acara yang 28 adain dulu. Ternyata seru-seru lho! Hohoho.. Artikel yang lain udah tentang 28 banget, nggak begitu umum. Terbukti dengan liputan wawancara guru, murid beken, artikel rohis dan rokris, komik dengan tokoh (ceritanya) anak 28, dan artikel tentang gedung 28 yang banyak berubah pada jaman itu.

2 comments:

  1. majalah kawula muda ngebahas apa aja sih???

    ReplyDelete
  2. kak, mau tanya... kakak punya KAWULA edisi berapa saja kak? kami dari ekskur FIK sedang dalam tahap pengumpulan majalah KAWULA dari edisi 1 sampai 11 untuk di jadikan 1 kesatuan (booklet?) sebagai referensi dan arsip ekskur, dan sekarang KAWULA 14 sebentar lg terbit lho kak :) apakah kakak bersedia menolong kami? barangkali ada teman kakak yg punya majalah KAWULA yang bisa kami copy (nanti dikembaliin kok kak) atau disumbangkan secara sukarela terima kasih kak... :) (terutama edisi 1-8 kak)

    ReplyDelete